Kompos setengah matang di Pengomposan Timbun

     Alhamdulillah, setelah kira-kira 4 bulan -dihitung dari kunjungan Bu Winarsih dan tim penilai Adiwiyata Provinsi ke SD SAIM Surabaya (3 April 2012), akhirnya daun-daun yang kami timbun di area pengomposan sudah terlihat coklat kehitaman. Daun-daun yang sudah hampir jadi kompos ini terletak kira-kira setengah meter dari permukaan timbunan, sedangkan lapisan di atasnya masih berupa dedaunan yang setengah utuh dan sedang mengalami pembusukan.


     Ketika dipegang, tanah tersebut terasa hangat dan lembut. Terlihat beberapa binatang yang hidup di dalamnya dan yang paling besar adalah seukuran ibu jari tangan. Binatang-binatang tersebut membantu proses pengomposan sehingga kami biarkan saja hidup di dalamnya.


     Perlu dicatat bahwa pada metode ini, daun-daun yang kami timbun kebanyakan daun kering. Perlakuan yang kami berikan mungkin cuma sebulan sekali disiram dengan larutan EM4 dan tidak teratur dalam menyiram. Artinya kami masih harus mengontrol pemberian air pada pengomposan model ini agar bisa mencatat hasilnya untuk digunakan sebagai tolok ukur perlakuan-perlakuan lain yang akan kami berikan bersama anak-anak.




Search This Blog