Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Nasi

Usaha pembuatan Pupuk Organik Cair dari Nasi (kadang disebut MOL nasi, MOL: Mikroorganisme Lokal) dimulai hari ini (10/9/12). Kegiatan ini selain pembelajaran siswa, juga sebagai usaha mengikuti Kegiatan Panasonic Eco Kideas yang diselenggarakan Tunas Hijau. Siswa yang sudah membawa nasi diminta untuk mengepal nasi menjadi lima kepal agak besar. Terlihat mudah, tapi ternyata membuat tangan belepotan karena lengket. 




5 kepalan tersebut diletakkan di atas baki dan diletakkan di tempat yang teduh. Dalam beberapa hari ke depan kami menunggu kedatangan jamur di nasi agar bisa melakukan tahap selanjutnya.






Update:

Dan hari ini (14/09/12) tampak nasi sudah menjamur. Warnanya kuning agak oranye. Kami lalu membuat larutan gula yang dicampur air kira-kira setengah botol air mineral 1,5 L. Kocok botol sampai gula terlarut dalam air. Kami memotong bagian atas botol agar kepalan nasi dapat masuk ke dalam botol. Lalu masukkan 5 kepal nasi tersebut ke dalam botol, aduk sampai gumpalan agak halus. Setelah itu tambahkan air hingga penuh dan biarkan larutan selama seminggu dengan tutup terbuka.

Update:
Setelah beberapa kejadian hingga kami belum bisa posting, hari ini ( 29/9/12) larutan POC dari nasi sudah jadi dan bahkan siap untuk dibiakkan/diperbanyak. Namun kami jelaskan dulu proses kelanjutan posting terdahulu. Setelah dibiarkan kurang lebih seminggu, larutan tersebut akan berbau seperti tape (tepatnya mirip tuak) dan pada permukaan keluar jamur putih. Itu tandanya sudah siap untuk dikemas. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ketika mendiamkan campuran air gula dan jamur nasi, harus dibuat aliran searah dari botol ke luar untuk menghindari serangga. Namun di percobaan ini minim (boleh dikatakan tidak ada) serangga yang masuk. Nasi yang agak keras dengan sendirinya melarut, mungkin karena 2 hari sekali kami mengaduknya.
Kami lalu menyaring larutan tersebut. Alat penyaringnya merupakan kreasi yang terbuat dari botol bekas dan selang transparan kecil. Supaya tersaring kotorannya, daun bambu kering kami masukkan ke dalam botol. Nah, jadilah pupuk organik cair (POC) dari nasi.
Sekarang kami belajar cara memperbanyak. Masukkan 5 sendok gula (atau glukosa lain) ke dalam botol air minum 1,5 L, tambahkan air sedikit lalu kocok sampai rata. Masukkan 750 mL POC tadi (setengah botol) lalu tambahkan dengan air sampai penuh dan diamkan selama seminggu. 
Penggunaan sebagai pupuk adalah 10 mL POC : 1 L air.
Penggunaan sebagai Decomposter adalah 50 mL POC : 1 L air. 
Patokan di atas dari beberapa sumber, namun supaya memiliki pengalaman lebih baik berani berkesperimen.
Hari ini kami panen POC, dan mungkin yang akan datang kami akan coba membuat POC dari bahan lain.












Search This Blog