KIDS SCIENCE FAIR 2012 SD SAIMS




Pada tanggal 3 Maret 2012 lalu, SD SAIMS telah mengadakan kegiatan KIDS SCIENCE FAIR 2012. Pameran ini diadakan dengan tujuan untuk lebih mengenalkan dunia sains dan penerapannya kepada para siswa melalui media yang ditemui sehari-hari dan mudah didapatkan. Materi sains yang diterima di sekolah disajikan dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk lebih didalami dan juga siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan materi sains yang diperolehnya dari hasil mengeksplorasi buku-buku bacaan mereka. Acara ini juga diharapkan memberi edukasi kepada para orang tua agar sejak dini menanamkan kecintaan anak-anak kepada ilmu pengetahuan.


     Pada acara ini juga, siswa diajarkan untuk bertanggung jawab dengan hasil karyanya. Mereka yang telah membuat alat peraga diwajibkan untuk menjelaskan proses pembuatan karya tersebut di masing-masing stan. Setiap anak maupun pengunjung dapat meminta siswa ataupun mencoba sendiri alat peraga yang dipamerkan. Untuk karya siswa yang terpilih mewakili kelas, mereka mempresentasikan karya tersebut di atas panggung di hadapan para juri.



    Pada kesempatan ini, WWF Indonesia turut hadir meramaikan. Mereka mengapresiasi kegiatan pameran ini sekaligus mensosialisasikan perihal kegiatan hemat energi Earth Hour yang diperingati dunia tiap hari Sabtu pada minggu terakhir bulan Maret, atau pada tahun ini jatuh pada tanggal 31 Maret 2012. Gerakan mematikan listrik selama 1 jam dari pukul 20.30 – 21.30 WIB ini bukan bertujuan untuk mematikan alat elektronik selama satu jam, melainkan mengajak masyarakat dunia untuk menjadikan gerakan ini sebagai gaya hidup hemat energi. Diharapkan civitas SAIMS yang hadir turut serta dan turut mensosialisasikan kegiatan ini.


     Pada acara ini juga disosialisasikan Visi, Misi, dan Tujuan SAIMS kepada orang tua melalui selebaran yang ada di tiap stan kelas. Diharapkan sosialisasi ini dapat memberi pemahaman tentang SD SAIMS sebagai sekolah Adiwiyata, yaitu sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Pameran KIDS SCIENCE FAIR 2012 ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada peserta pameran dalam beberapa kategori yang telah ditentukan oleh dewan juri.

Search This Blog